Kata pengantar

اَلسَلَامُ عَلَيْكُمْ وُرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُةُ

اَلْحَمْدُللهِ رَبِّ الْعَـالَمِيْنَ،وَالصَّـلَاةُ وَالسَّـلَامُ عَلَى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَعَلى الِه وَصَحْبِه اَجْمَعِيْنَ ، أَمَّــــابَعْدُ

Segala puji bagi allah tuhan seluruh alam, sholawat dan salam moga senantiasa tercurah kepada jungjungan kita suritauladan kita nabi muhammad saw moga kita senantiasa di beri kesehatan dan kekuatan untuk istiqomah serta konsisten mengikuti syariatnya hingga akhir hayat nanti dan kepada keluarganya sahabatnya dan orang-orang yang mengikuti syariatnya hingga akhir zaman a..mi..in.

Penyusun menyadari sepenuhnya bahwa blog ini masih jauh dari sempurna, untuk itu penyusun mengharapkan masukan, saran dan kritik dari para pembaca yang bijaksana.

Mudah-mudahan blog yang sederhana ini mendapat ridlo allah swt, dan bermanfaat khususnya bagi penyusun dan pembaca pada umumnya, segala kekhilafan, kekurangan serta kekeliruan semata-mata hanya keterbatasan penyusun selaku manusia dan hanya allah yang maha mengetahui segala sesuatunya.

وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وُرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُةُ

Cikarang, 17 Rojab 1436H

05 Mei 2015M

Editor/Penyusun


M.Ruslan AG Ma’ruf

Senin, 21 September 2015

Khotbah Jum'at Ada Apa Dengan Musibah

Ada Apa Dengan Musibah


Salinan khutbah jum'at th 1997 di Masjid jamie Ashodiqin  pontren Nihayatul Amal Rawamerta karawang.

الَّسلَامُ عَلْيُكمْ وَرَحْمَةُ الٰلِه وَبَركَاُتهُ
اَلْحَمْدُ لِلهِ حَقَّ حَمْدِهِ نَشْكُرُهُ وَنَحْمَدُهُ عَلٰى نِعَمِهِ اَلَّذِيْ خَلَقَ الْاَيَّامِ وَالشُّهُوْرَ والسِّنِيْنَ بِقُدْرَتِهِ وَتَخْتَلِفُ اَسْرَارَهَاوَفَضَّلَ اللهَ بَعْضَهَاعَلى بَعْضٍ بِكَرَامِهٖ وَعِلْمِهِ اَشْهَدُ اَنْ لَااِلٰهَ اِلّااللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ شَهَادَةً اَدْخُِرُهَا بِهَايَوْمَ الْفَزْعِ اِلٰى لِقَائِهِ  وَاَشْهَدُاَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُلُهُ الْمَبْعُوْثُ اِلٰى كَآفَّةٍ الْخَلْقِ فِى اَرْضِ اللهِ وَسَمَآئِهِ اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَامُحَمَّدٍ وَعَلٰى اَلِهٖ وَاَصْحَابِهٖ الَّذِيْ نَصَرُوْافِى دِيْنِ اللهِ وسبِيْلِه    (اَمَّابَعْدُ)     فَيَآاَيُّهَاالنَّاس اتَّقُوْاللهَ حَقَّ تُقَاتِهٖ وَلَاِتَمُوْتُنَّ اِلّاوَاَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

Hadirin jamaah jum'at rohimakumulloh

Marilah kita meningkatkan kuwalias keimanan serta ketaqwaan kita kepada Allah SWT. bukan hanya sekedar ucapan lisan belaka namun dengan hati yang tulus pasrah diri jiwa dan raga seutuhnya hanya kepada Allah SWT. dengan senantiasa kita istiqomqh melaksanakan perintah-perintah Allah dan menjauhi berbagai macam larangan-larangannya.

Hadirin jamaah jum'at rohimakumulloh.

Sudah tidak asing lagi kita mendengar, sudah tidak asing lagi kita melihat berbagai bencana-bncana yang yang terjadi di bumi nusantara ini.
Angin yang memporak porandakan perkmpungan-perkampungan, gempa yang menghancurkan, banjir yang melanda, tanah longsor yang mengakibatkan tertimbunnya manusia.
Semua kejadian dan bencana moga mendorong kita untuk senantiasa waspada dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.
Semua bencana-bencana yang terjadi mengingatkan kita pada sebuah ayat dalam Al-qur'an $urat Arrum ayat 41.

ظهرالفساد فى البرّ والبحر بماكسبت ايدالناس  لذيقهم بعض الّذي عملو لعلّهم يرجعون
" Telah nyata kerusakan di darat dan di laut yang di akibatkan perbuatan tangan-tangan manusia dan allah memberikan balasan pada mereka  dari hasil petbuatan mereka sendiri supaya merasakan akibat dari perbuatannya agar mereka kembali kepada jalan yang benar "

Hadirin jama'ah jum'at rohimakumulloh.

Coba kita renungkan dan perhatikan semua kejadian dan bencan di mungkinkan ulah perbuatan manusia sendiri, yang tidak memperhatikan lingkungannya, betapa patalnya bila lingkungan dan alam di ganggu betapa mengerikannya bila dunia ini sudah tercemar, kadang yang kecil yang jadi korban dan yang kecil pulalah yang menjadi kambing hitam, hutan yang di babad dengan buldozer mesin-mesin raksasa di tengah hutan siapa yang punya?... tentu merekalah orang-orang yang berduit yang mengakibatkan erosi terjadi di mana-mana sebagian besar adalah ulah orang yang ingin mmperkaya diri. Padahal menjaga lingkungqn dan hidup, membersihkan ruangan dan halaman adalah kewajiban kita yang berada di lingkungan tetsebut, Kalau kita mengingat tentang sejarah yang Allah terangkan dalam Al-qur'an yaitu kota shodum, dimana itu kota shodum?... di perkirakan di pinggirqn unispyet, Apa yang terjadi dahulu di kota shodum?... yang di huni oleh kaum nabi Luth AS di hancurkan oleh allah melalui malaikat jibril as di balik dan di amblaskan kota shodum ke dasar bumi karna kaum nabi Lith durhaka kepada Allah dan rosulnya.
Imam Abu Isa Muhammad bin Isa bin Surah yang Mendapat Gelar Imam Atturmudzi Meriwayatkan sebuah hadis yang bersumber dari sayyidina 'Ali karromallahu wajhah Rosululloh SAW bersabda:

اِذَافَعَلْتُ اُمَّتِى خَمْسَ عَشَرَ حَصْلَةً حَلَّابِهَاالْبَلَاءَ
Apabila Ummatku mengerjakan Lima belas hal maka mereka akan terkena bencana yang mengerikan.

١.اذاكان المغنم دولا
1. Apabila harta keuntungan perang atau harta kekayaan negara di kuasai perorangan maka tunggulah kehancurannya.
٢.والامانة مغنما
2. Amanah atau titipan baik itu amanah perorangan atau amanah  dalam bahasa lain bantuan dari pemerintah di selewengkan maka tunggulah siksa dari Allah SWT.
٣.والزّكاة مغرما
3. Mengeluarkan Zakat di anggap merugikan
٤.واطاع الرجل زوجتهه
4 . Apabila seorang laki-laki kalah oleh istrinya dalam bahasa lain rumah tangga telah di pimpin oleh istrinya, bila seorang istri bukan sekedar ibu rumah tangga , tetapi semua urusan bagaimana istri maka tunggulah kehancurannya.
٥.وعقّ امّه
5. Orang sudah berani durhaka terhadap orang tuanya.
٦.وبرّصديقه
6. Lenih mengistimewakan kawannya.
٧.وجفااباه
7. Ia berani terhadap ayahnya, bila orang-orang sudah menyepelekan orang tua lebih mengistimewakan kawannya maka tunggu sajalah kehancurannya.
٨. وارتفعت الاسوات فى المساجد
8. Rame-rame suara gaduh di dalam masjid masjid di lupakan pungsi asalnya yaitu tempat beribadah kepada Allah SWT.
٩.وكان رعيهم القوم ارذلهم
9. Pemimpin-pemimpin ummat orang yang dzolim, dalam bahasa lain seorang pemimpin ummat hanya mementingkan atasannya perhatian terhadap ummat lif servis saja.
١٠.واكرم الرجل مخافة شرّه
10. Seseorang di hormati karna takut dengan penganiayaannya, mereka di hormati bukan karna ilmunya tapi karna rakus dan buasnya.
١١.وشربت الخمر
11. Minuman keras di perdagangkan secara bebas, bir wiski brendi mudah di cari anak muda mabuk-mabukan sebagian yang tua menjadi sponsornya.
١٢.ولبس الحرير
12. Pakaian sutra di perjual belikan untuk laki-laki.
١٣.واتخذت المغنيات
13. Berlomba-lomba berebutan ingin jadi penyanyi, anak-anak kecil pandai bernyanyi padahal anak tersebut belum bisa membaca dua kalimat syahadat.
١٤.واتخذت المعازف
14. Alat-alat musik tersebar dimana-mana.
Dan yang terakhir
١٥.ولعن اخر هذه الامة اولها فااليرتقبوا عند ذالك ريحا حمراء اوخسفا اومسخا
15. Bila orang-orang sudah mencaci maki ulama menganggap sepele ilmu ulama mengortodokan ulama-ulama terdahulu, bila semua ini terjadi maka dunia atau bagian belahan bumi akan mendapat ريحاحمراء Angin topan, angin beliung badai yang membumi ratakan peekampungan atau hembusan hawa dingin yang mematikan اوخسفا atau gempa yang menghancurkan gempa titonik yang mengamblaskan gedung-gedung bertingkat seperti dulu pernah terjadi di arumenia. اومسخا manusia disalin rupa jadi binatang seperti pernah terjadi pada zaman nabi Musa AS Manusia menjadi kera.
Sudahkah terjadi hal demikian?....
Coba...! Kita renungkan...! Betapa banyak manusia rupa dan porongannya saja manusia tapi...! Akhlaq tingkah laku dan budi pekertinya seperti binatang Na'udzu billahi mon dzalik.
Hadirin jama'ah jum'at rohimakumulloh.
Untuk itu marilah kita mentafakkuri dari apa-apa yang telah terjadi kita petik hikmah dari semua itu, dari berbagai musibah dan bencana moga mendorong kita untuk senantiasa mensyukuri ni'mat yang allah berikan kepada kita, ni'mat kesuburan tanah nusantara ini ni'mat sehat, ni'mat rizqi dengan tidak melupakan haq-haq fakir miskin dan yatim piatu menyisihkan harta untuk keperluan masjid musholla pendidikan agama dan sarana agama lainnya.

جعلناالله  وايّاكم من الامنين الفائزين واستغفر الله العظيم لى ولكم ولولدي ولوالدكم ولجميع المسلمين والمسلمات فاستغفروه انّه هوالغفورالراحيم


Khotbah ke 2 Jum'at

الحمدلله حمدا كثيراكماامراشهدان لااله الاالله وحده لاشريك له ارغامالمن جحدبه وكفر. واشهدان محمداعبده ورسوله سيدالخلائق والبشر. اللهم صلّ وسلّم وبارك على سيّدنامحمّدوعلى اله واصحابه مصابيح الغرر،  عبادالله...! اتقوالله من سماع الغو وفضول الخير وانتهوعمّانهاكم عنه وزجرواعلمواانّ الله تعالى امركم بأمر بدءبنفسه وثنّ بملائكته يصلّون على النّبى ياايهاالذين امنواصلواعليه وسلموا تسليمااللهم صل على نبي الرحمة وشفيع الامة وارض اللهم على اصحابه وقرابته وازواجه وذرّيّته اجمعين وعلى الخلفاء الرّاشدين ابى بكر وعمر وعثمان وعلى وعلى بقية الصحابة والتّابعين ومن تبعهم بإحسان الى يوم الدّين وعلينامعهم برحمتك ياارحم الرّاحمين امين يارب العالمين اللهم اغفرللمؤمنين والمؤمنات والمسلمين والمسلمات الاحياء منهم والاموات انّك سميع قريب مجيب الدعوات وياقاضي الحاجاة اللهم انصر من نصر الدّين واخذل من خذل المسلمين واعل كلمتك الى يوم الدّين وجعل بلدتنا هذه امنة مطنئنة وسائربلدان المسلمين عامه. ربنااتنافى الدنياحسنة وفى الاخرة حسنة وقناعذاب النار. عبادالله... انّ الله يأمركم بلعدل ولاحسان وايتاء ذالقربى وينهى عنرالفخشاء والمنكر والبغي يعظكم لعلكم تذكّرون فاذكروالله العظيم يذكركم واشكروه على نعمه يزدكم واسئلوه منرفضله يعطكم ولذكرالله اكبر
اقيم الصلاة


Tidak ada komentar:

Posting Komentar